Klasifikasi Psikoterapi

Kategori Terapi

Psikodemia.com – Psikoterapi adalah penerapan teknik-teknik terapi psikologi oleh seorang psikolog klinis untuk mengatasi permasalahan kepribadian atau perilaku individu sehingga mengalami perubahan ke arah yang lebih konstruktif.

Corsini (1995) menyebutkan bahwa psikoterapi adalah suatu proses formal dan interaksi antara dua pihak dengan tujuan memperbaiki keadaan yang tidak menyenangkan atau distress pada salah satu dari kedua pihak karena ketidakmampuan atau malfungsi pada salah satu fungsi dalam domain psikologi, yaitu fungsi kognitif, afektif atau perilaku.

Psikoterapi (Wolberg, 1995) disebut sebagai perawatan dengan menggunakan alat-alat psikologik terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional individu. Terapis dengan sengaja menciptakan hubungan profesional dengan individu yang mengalami permasalahan, dengan tujuan.

  1. Menghilangkan, mengubah atau menurunkan gejala-gejala yang ada.
  2. memperantarai perbaikan pola tingkah laku yang terganggu, dan
  3. Meningkatkan pertumbuhan serta mengembangkan kepribadian yang positif.

Ada 3 golongan klasifikasi Psikoterapi (Wolberg, 1977) yang dapat di dasarkan sebagai tujuan psikoterapi, yaitu:

1. Psikoterapi Rekonstruktif

Psikoterapi rekonstruktif adalah klasifikasi psikoterapi yang bertujuan untuk membantu individu mencapai tilikan (insight) akan konflik-konflik tak sadar, dengan usaha untuk mencapai atau mengubah struktur kepribadian seseorang.

Contoh : berorientasi psikoanalitik atau dinamik, baik psikoanalisis klasik maupun Neo-Freudian (Adler, Jung, Sullivan, Horney, dan lain-lain)

2. Psikoterapi Re-edukasi

Psikoterapi Re-edukatif adalah klasifikasi psikoterapi yang bertujuan untuk mengubah pola perilaku dengan meniadakan kebiasaan tertentu dan mengganti atau membentuk kebiasaan baru yang lebih adaptif.

Contoh: Psikoterapi kognitif, psikoterapi perilaku terapi kelompok, terapi keluarga, psikodrama, psikoterapi kognitif perilakuan.

3. Psikoterapi Supportif

Psikoterapi suportif adalah klasifikasi psikoterapi yang bertujuan mendukung fungsi-fungsi ego, atau memperkuat mekanisme defensi yang ada, memperluas mekanisme pengendalian yang dimiliki dengan yang baru dan lebih baik, dan memperbaiki ke suatu keadaan keseimbangan yang lebih adaptif.

Referensi
  1. Corsini, R. J. & Wedding, D. (1995). Current Psychotherapies. Fifth Edition. Illinois: F.E. Peacock Publishers, Inc.
  2. Wolberg, Lewis R. (1995). The Technique Of Psychotherapy 4th Ed. Maryland: Jason Aronson Inc.

Dengan semakin luas dan banyaknya penerapan ilmu psikologi, maka Psikodemia membantu menyediakan materi yang relevan dengan bidang keilmuan psikologi tersebut.