Diperbarui Pada

Prinsip Dasar Terapi Token Ekonomi

Kategori Terapi
Prinsip dasar terapi token ekonomi

Psikodemia.com – Prinsip dasar terapi token ekonomi; Salah satu jenis terapi yang berkembang dalam aliran psikologi perilakuan atau behaviourisme adalah terapi token ekonomi. Terapi behaviour / terapi perilaku menekankan prinsip utama dalam terapinya adalah adanya modifikasi perilaku.

Modifikasi perilaku adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh individu untuk mengubah perilaku kearah yang lebih baik dari yang sebelumnya, sehingga dapat diterima oleh lingkungannya.

Dibawah ini adalah beberapa modifikasi prinsip dasar terapi token ekonomi:

  1. Penentuan Perilaku Target

Dalam terapi token ekonomi perlu diperhatian penentuan perilaku target, yaitu perilaku yang diinginkan serta perilaku yang tidak diinginkan. Untuk perilaku yang diinginkan, maka token ekonomi yang digunakan adalah untuk meningkatkannya, sedangkan untuk perilaku yang tidak diinginkan, token ekonomi digunakan untuk mengurangi perilaku tersebut.

  1. Mengidentifikasi Jenis Barang/Pengharagaan Yang Bisa Digunakan Sebagai Token

Mengidentifikasi item yang bisa dijadikan sebagai token, penting untuk dilakukan. Token yang dimaksud adalah jenis token yang nyata, dapat diamati dan bisa diberikan sesegera mungkin oleh terapis ke target yang sudah ditentukan.

  1. Mengifentifikasi Back Up Reinforcer

Back up reinforcer yang akan diberikan perlu untuk diidentifikasi. Hal ini disebabkan oleh token ekonomi disajikan bersamaan dengan back up reinforce sehingga bisa disebut sebagai reinforce bersyarat. Adapun back up reinforce ini harus dipilih secara khusus dan disesuaikan dengan karakteristik individu yang memang sasaran pengubahan perilaku.

  1. Memutuskan Jadwal Yang Tepat Untuk Pemberian Reinforcer

Jadwal dalam memberikan reinforcer juga penting untuk diperhatikan. Terapis harus menentukan jadwal pemberian reinforcement sebelum memberlakukan peraturan tentang token yang sudah dirancang untuk individu yang akan diubah perilakunya tersebut.

  1. Menetapkan Banyaknya Token Yang Bisa Ditukar

Jumlah token yang dapat ditukar harus ditentukan diawal.  Terapis juga harus menentapkan banyaknya token yang bisa ditukarkan dengan back up reinforce tersebut. Sehingga hanya setelah berhasil mengumpulkan  token sebanyak yang sudah ditentukan, individu tersebut  bisa mendaaptkan back up renforcer yang telah disediakan oleh terapis.

  1. Menetapkan Waktu Dan Tempat Penukaran Token

Waktu dan tempat penukaran token ditentukan secara bersama-sama agar tidak terjadi kesalahpahaman. Individu akan mengumpulkan token dari perilaku yang diinginkan sepanjnag waktu. Secara berkala, setelah jumlah token yang akan diukarkan sudah mencukupi dengan jumlah yang disepakati, maka individu boleh menukarkan token tersebut kepada terapis setelah menentukan waktu dan tempat penukaran token.

  1. Latihan Dalam Manajemen Lingkungan

Dalam setting apapun, sebelum melakukan prosedur token ekonomi, maka orang lain selain terapis dan klien haruslah dilatih terlebih dahulu agar bisa menerapkan token ekonomi dengan baik, misalnya saja orangtua atau guru. Latihan manajemen ini dimaksudnya agar prosedur token ekonomi dalam mencapai tujuannya.

Referensi:
  1. Miltenberger, Raymon G. 2004. Behavior Modification: Principle and Procedures Third Edition. United States of America: Wadsworth.
  2. Soekadji, Soetarlinah. 1983. Modifikasi Perilaku: Penerapan Sehari-hari dan Penerapan Profesional. Yogyakarta: Liberty.
  3. Jenson, W. R., Sloane, H., & Young, R. (1988). Token economies. Applied behavior analysis in education: A structured teaching approach. New York: Prentice Hall.
Dengan semakin luas dan banyaknya penerapan ilmu psikologi, maka Psikodemia membantu menyediakan materi yang relevan dengan bidang keilmuan psikologi tersebut.