Diperbarui Pada

Jenis-Jenis Motivasi dalam Psikologi

Kategori Psikologi Umum
jenis motivasi

Psikodemia.com – Motivasi sebagai dorongan untuk bertindak, tentunya berbeda antarindividu. Motivasi menjadi dorongan yang efektif bagi seseorang tetapi belum tentu efektif bagi orang lain. Setiap individu memiliki jenis motivasi yang khas dalam mendorong perilakunya mencapai tujuan.

Pada dasarnya, motivasi terdiri dari jenis/tipe, yaitu (1) motivasi intrinsik dan (2) motivasi ekstrinsik. hal tersebut menimbulkan perbedaan motivasi antarindividu. Berikut adalah penjelasan dari tipe-tipe motivasi:

(1) Jenis Motivasi Intrinsik

Motivasi instrinsik adalah motivasi yang memberikan kesenangan atau kepuasan karena melakukan suatu perilaku yang tidak mengharapkan imbalan.

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh dua alasan, yaitu  alasan untuk mendapatkan stimulasi kognitif dan untuk mendapatkan rasa telah berprestasi, merasa kompeten, dan merasa bisa menguasai lingkungan.

Individu dengan motivasi intrinsik akan menjadi aktif dan tidak memerlukan ransangan dari luar dalam bertindak, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.

Sebagai contoh konkrit, seorang karyawan baru yang rajin bertanya dalam diskusi. hal tersebut dilakukan karena ingin mendapat pengetahuan dan keterampilan yang berguna dalam pekerjaannya, tidak ada tujuan lain. Perilakunya tersebut murni untuk mendapatkan informasi penting yang dibutuhkan dalam bekerja, bukan karena ingin pujian atau imbalan lain.

(2) Jenis Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik berasal dari lingkungan eksternal, dari luar diri individu yang berlaku dengan imbalan-imbalan tertentu, seperti pujian dari orang lain.

Imbalan tersebut membuatnya memperkuat perilaku.  individu dengan motivasi ekstrinsik akan menjadi aktif karena adanya perangsang dari luar.

Atau dengan kata lain, motivasi ekstrinsik adalah dorongan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu yang bersumber pada suatu kebutuhan kebutuhan yang harus dipenuhi

Sebagai contoh itu seorang karyawan baru yang rajin bertanya dalam diskusi, karena mengharapkan pujian dari atasannya. Tujuan utama buka pada peroleh informasi, tetapi pada pujian yang didapatkan karena melakukan sesuatu.  Jadi kalau dilihat dari segi tujuan kegiatan yang dilakukannya, tidak secara langsung berkaitan dengan esensi dari aktivitas yang dilakukannyn itu.

Dalam berperilaku, dorongan yang dimiliki individu tidak selalu intrinsik atau ekstrinsik. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi individu, baik faktor internal maupun eksternal. Akan tetapi, ada kecenderungan jenis motivasi tertentu yang menjadi kekhasan individu dalam perilakunya.

Referensi:
  1. Eric B. Shiraev, Psikologi Lintas Kultural, (Jakarta: KENCANA Prenada Media Group, 2012)
  2. Laura A. King, PSIKOLOGI UMUM Sebuah Pandangan Apresiatif, (Jakarta: Salemba Humanika, 2010).
  3. Sarwono, Sarlito. 2013.  Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
  5. Walgito, Bimo. 1980. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.
  6. Sardiman,A.M.2006.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Grafindo.
Dengan semakin luas dan banyaknya penerapan ilmu psikologi, maka Psikodemia membantu menyediakan materi yang relevan dengan bidang keilmuan psikologi tersebut.