Diperbarui Pada

Definisi Psikologi Menurut Watson Hingga Chaplin

Kategori Psikologi Umum
Definisi Psikologi

Psikodemia.com – Definisi psikologi adalah studi ilmiah tentang pikiran dan perilaku. Psikologi mencakup banyak bidang seperti perkembangan manusia, olahraga, kesehatan, klinis, perilaku sosial dan proses kognitif.

Psikologi adalah ilmu yang tergolong masih baru, dan mengalami kemajuan pesat dalam 150 tahun terakhir ini. Psikologi berakar dari ilmu filsafat dengan para pemikir besar seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles.

Asal Mula Kata Psikologi

Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Psikologi dapat diartikan sebagal ilmu yang mempelajari jiwa, yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pikiran, perasaan, dan tindakan.

Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu.

Psikologi berkembang menjadi ilmu pengetahuan yang empiris sejak didirikannya laboratorium psikologi pertama di dunia oleh Wilhem Wundt pada tahun 1879 di University of Leipzig, Jerman.

Psikologi dianggap sebagai ilmu yang ilmiah karena memiliki metode yang jelas dalam memahami manusia melalui laboratorium tersebut. Maka dari itu, berdirinya laboratorium Wundt diakui pula sebagai tanggal berdirinya psikologi sebagai ilmu pengetahuan.

Definisi Psikologi Menurut Watson Hingga Chaplin

Sejak saat itu berkembanglah psikologi menjadi suatu ilmu pengetahuan yang mandiri dan melahirkan tokoh-tokoh besar yang mendefinisikan psikologi berdasarkan temuan ilmiahnya. Berikut adalah beberapa definisi psikologi menurut para tokoh, seperti:

Definisi Psikologi Menurut Watson Hingga Chaplin
J.B. Watson (1878–1958)
  1. Wilhem Wundt, 1829; Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.
  2. Watson, 1919; Psikologi merupakan bagian dari ilmu yang menekankan perilaku manusia, perbuatan dan ucapannya baik yang dipelajari maupun yang tidak sebagai pokok masalah.
  3. Sartain; Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia.
  4. Bruno, 1987; Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai roh. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai kehidupan mental. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku organisme.
  5. Chaplin, 1972; Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai prilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam kerumitannya ketika bereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakan yang mengubah lingkungan)

Mengambil intisari dari definisi psikologi para tokoh tersebut, secara umum psikologi adalah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik yang nampak maupun tidak nampak, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya.

Psikologi adalah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik yang nampak maupun tidak nampak, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya.
Dengan semakin luas dan banyaknya penerapan ilmu psikologi, maka Psikodemia membantu menyediakan materi yang relevan dengan bidang keilmuan psikologi tersebut.