Diperbarui Pada

Definisi Kepribadian Dalam Ilmu Psikologi

Kategori Psikologi Umum
Definisi Kepribadian

Psikodemia.com – Kepribadian adalah salah satu bahasan yang menarik dalam kajian psikologi. Sebagai ilmu yang berusaha memahami manusia secara utuh, maka definisi kepribadian individu memiliki peran yang sangat penting.

Definisi Kepribadian Dalam Ilmu Psikologi

Kepribadian atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai personality, berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu prosopon yang artinya topeng.

Topeng disini dimaksudkan sebagai bagaimana individu menampilkan diri sehingga membentuk kesan mengenai diri yang diinginkan untuk dapat ditangkap oleh lingkungan sosial.

Penggunaan kata kepribadian seringkali disamaartikan dengan beberapa kata lain, seperti watak, karakter, atau temperamen. Namun, kata-kata tersebut memiliki makna yang berbeda apabila dibawa dalam kajian psikologi. Antara lain:

  1. Kepribadian, penggambaran tingkah laku secara deskriptif tanpa memberi nilai.
  2. Karakter, penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai secara eksplisit maupun implisit, seperti benar salah dan baik buruk.
  3. Watak, karakter yang telah lama dimilikidan sampai sekarang belum berubah.
  4. Temperamen, kepribadian yang berkaitan erat dengan determinan biologis dan fisiologis serta berkaitan dengna hereditas.
  5. Sifat, respon yang senada terhadap sekelompok stimuli yang mirip dan berlangsung dalam kurun waktu yang relatif lama.

Ciri utama definisi kepribadian

Dari beberapa kemiripan definisi dari beragam kata tersebut. Maka secara umum, definisi kepribadian memiliki lima ciri utama dalam deskripsinya yang dirangkum dari beberapa pengertian para ahli, yaitu:

  1. Kepribadian bersifat umum. kepribadian menunjuk pada sifat umum individu (pikiran, perasaan, dan tingkah laku) yang berpengaruh secara sistemik terhadap keseluruhan tingkah laku individu.
  2. Kepribadian bersifat khas. Kepribadian dipakai untuk menjelaskan sifat individu yang membedakan dirinya dengan orang lain.
  3. Kepribadian berjangka lama. Kepribadian dipakai untuk menggambarkan sifat individu yang awet dan tidak mudah berubah sepanjang hayat. Perubahan dapat terjadi secara bertahap akibat respon terhadap suatu kejadian yang luar biasa.
  4. Kepribadian bersifat kesatuan. Kepribadian memandang diri sebagai suatu unit tunggal, struktur dan organisasi internal hipoteteki yang membentuk kesatuan dan konsistensi
  5. Kepribadian bisa berfungsi baik dan buruk. kepribadian dipandang sebagai cara bagaimana orang berada di dunia, ada yang tampil dengan pribadi yang kuat, namun ada juga yang tampil sebagai pribadi yang rapuh.
Dengan semakin luas dan banyaknya penerapan ilmu psikologi, maka Psikodemia membantu menyediakan materi yang relevan dengan bidang keilmuan psikologi tersebut.