Diperbarui Pada

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Kehidupan

Kategori Psikologi Umum
Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Kehidupan

Psikodemia.com – Aplikasi psikologi kepribadian dalam kehidupan dapat dilakukan dalam beragam bentuk. Teori-teori kepribadian yang dikemukakan oleh para tokoh mempunyai ranah aplikatif yang berbeda-beda dalam kehidupan.

Berikut adalah aplikasi psikologi kepribadian dalam kehidupan sehari-hari:

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Ranah industri

Psikologi kepribadian membantu seleksi dan klasifikasi karyawan, yaitu dengan melakukan pengukuran perbedaan individu dalam minat jabatan, sifat, sikap, yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dikehendaki.

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Kehidupan Organisasi

Bidang organisasi tidak harus selalu berkaitan dengan bidang industri, ada juga organisasi sekolah, rumah sakit, militer maupun olahraga.

Psikologi kepribadian dapat berguna memberikan gambaran tingkah laku manusia untuk memperoleh keseimbangan antara organisasi dan anggotanya, seperti membantu pemecahan masalah yang terjadi dalam organisasi dan dinamika kelompok.

Aplikasi Psikologi Kepribadian Di Lingkungan

Psikologi kepribadian memberikan arahan dalam mengukur dampak lingkungan terhadap tingkah laku. Daya tahan setiap orang berbeda-beda dalam menghadapi tekanan lingkungan, sehingga psikologi kepribadian berperan dalam memahami individu dan lingkungannya.

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Ranah Klinis

Psikologi kepribadian membantu klinis untuk mengenali dan mendeteksi gambaran perilaku individu yang tidak dikehendaki dan maladaptif, pemahaman mengenai faktor penyebab serta penanganan yang dilakukan untuk memperbaikinya.

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Konseling

Dalam konseling, gangguan yang ditangani adalah gangguan perilaku yang dianggap ringan dibandingkan dengna gangguan yang ditangani oleh klinisi.

Individu yang mengalami gangguan masih dapat melakukan tugas sehari-hari, bekerja, dan belajar layaknya orang normal.

Masalah yang dapat menjadi contoh gangguan perilaku ringan adalah keraguan dalam memilih pasangan hidup sehingga membuatnya sulit berkonsentrasi dalam bekerja. Psikologi dapat kepribadian membantu memahaminya.

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Ranah Pendidikan

Psikologi kepribadian membantu mengembangkan kepribadian guru, mengenali kepribadian anak didik dan memanfaatkannya untuk mengoptimalkan prestasi pendidikan agar dapat melakukan penyesuaian-penyesuaian kebutuhan sekolah dengan tuntutan masyarakat.

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Kehidupan Sosial

Aplikasi dalam ranah sosial ini dapat merupakan gabungan dari aplikasi bidang industri, organisasi, lingkungan, praktek konseling klinis maupun pendidikan.

Psikologi kepribadian berusaha mengantisipasi, mencegah kemungkinan timbulnya kesulitan psikologis pada diri anggota masyarakat dengan melakukan intervensi terhadap masyarakat.

Sebagai contoh, sikap mayarakat yang tidak peduli dengan lingkungannya seperti orang miskin dan anak-anak terlantar, dapat dikenali dan dilakukan penanganan dengan berbekal ilmu kepribadian yang diperoleh dari psikologi kepribadian.

Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Bidang Kesehatan

Psikologi kepribadian membantu meningkatkan motivasi individu yang sakit, serta dapat membantu petugas kesehatan menangani pasien yang sakit.

Hampir di semua bidang kehidupan bersinggungan dengan individu. Oleh karena itu, psikologi kepribadian dapat masuk sebagai ilmu yang bisa membantu individu memahami dirinya sendiri dan orang lain sehingga dapat berdaya guna dalam kehidupan.

Referensi: Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang. UMM Press.

Dengan semakin luas dan banyaknya penerapan ilmu psikologi, maka Psikodemia membantu menyediakan materi yang relevan dengan bidang keilmuan psikologi tersebut.